Perubahan di Era pandemi

 PERUBAHAN SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19  

    Saya tinggal di sebuah perkampungan tepatnya di Desa Rendeng, kec.Sale, kab.Rembang. Desa saya meruapakan desa kecil dimana manyoriyas penduduk kampung berprofesi sebagai petani ,Kini hampir tiap harinya kasus semakin meningkat terutama di daerah ibukota. Dikarnakan pandemi ini kini mulai muncullah perubahan-perubahan  terutama perubahan di bidang ekonomi dan sosial,  hal ini bisa terlihat dari Desa saya sendiri yaitu tepatnya diDesaRendengKecamatan.Sale,kabupaten.Rembang, kini perubahan ekonomi mulai dirasakan oleh warga setempat semenjak diadakannya PSBB besar besaran hingga sekarang , misalnya saja pekerjaan petani semakin sempit,pedagang kurang laku dan lain lain. Masyarakatpun harus mengubah pola hidup.

     Kini aturan satu persatu mulai diperketat melihat Ibukota yang melonjak angka kasus yang terkena covid-19, misalnya saja di Desa ya setiap Selasa pahing( istilah hari sebutan orang Jawa kuno) akan diadakannya pembagian masker dan penyemprotan di rumah rumah warga,berhubung Bapak Camat Sale(Bapak Subkhan)  positif covid-19, Kepala Desapun mulai gercap dalam memberi perlindungan kepada warganya. 

      Selain itu kini di Desa saya mulai menerapkan beberapa perturan desa misalnya saja ketika orang pulang dari rantauan akan diisolasi mandiri di rumah selama 14hari , warung kopi di dalam maupun disekitar desa dilarang buka sampai jam 10.00 malam , selain itu masyarakat dihimbau untuk ibadah membudayakan memakai masker, jika melanggar salah satu dari peraturan tersebut maka masyarakat yang bersangkutan akan dikenai sanksi berupa denda , dimana denda tersebut akan masuk kas karang taruna desa. 

       Kini di Desa Rendeng perlahan mulai mentaati peraturan yang telah diterapkan walau ada satu atau dua orang yang masih nyeleweng, masyarakat berharap semoga pandemi ini cepat berakhir dan rantai penyebarannya semoga sepat selesai. Karena warga yang baik itu adalah warga yang bisa melindungi dirinya sendiri dan melindungi banyak orang disekitarnya dan semoga covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa aktivitas seperti biasa(19/9/2020).




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kondisi ekonomi di masa PJJ

My Family Tree